Game : Puzzle Salib

Sebelum memainkan game puzzle salib ini, lebih baik jelaskan dahulu tata cara permainannya agar anak tidak bingung dan sampaikan ke anak-anak bahwa hasilnya nanti akan membentuk bentuk salib, bukan bentuk yang lain. Biasanya anak-anak menyahut 'Ahh... mudah itu kak'.... hahaha...

Game Puzzle Salib ini sudah pernah saya coba di ibadah anak sekolah minggu dan hasilnya sangat seru. Bahkan mereka mengeluh 'kak, gak bisa' atau 'kak, kertasnya kurang' ... hahahaha... tugasnya koordinator lomba adalah meyakinkan mereka dan memberi semangat kepada anak-anak 'Kalian pasti bisa adik-adik, ayo semangat!'.

Hasil jadi print warna


Kelompok yang terlebih dahulu selesai menyusun puzzle adalah pemenangnya. Hadiah untuk game ini dapat berupa permen, snack atau coklat (Boleh juga terang bulan atau martabak) suka-suka koordinatornya deh.

Lembar print warna


Game ini cocok dimainkan untuk kelas 1 SD ke atas. Game ini dibagi ke beberapa kelompok. Dan 1 kelompok minimal ada 5 anak. Waktu yang diberikan hanya 15 menit.

Hasil jadi fotocopy



Sebelum dibagikan, puzzle ini harus dimasukkan amplop terlebih dahulu. Setelah dibagikan, amplop ditaruh di tengah dan semua anggota kelompok duduk melingkar. Koordinator game harus memberikan aba-aba 1... 2... 3... lalu membuka amplop bersama-sama dengan semua kelompok. 

Lembar fotocopy


Jarak antara per kelompok jika memungkin agak jauh, karena jika tidak mereka bisa saling mencontek.

Lembar contoh jadi