Game : Menyusun Ayat Alkitab

Nama game : Menyusun Ayat
Bahan : Kertas hvs
Alat : gunting
Pemain : minimal 5 anak
Waktu : 10 - 15 menit
Pelajaran : Mengingat dan bekerja sama

Contoh jadi


Game atau permainan sekolah minggu MENYUSUN AYAT ini cocok digunakan untuk anak kelas 1 SD sampai kelas SMP. Agar seru dapat dibagi menjadi beberapa kelompok. 1 kelompok 5 anak.

Lembar print warna


Sebelumnya siapkan dulu kertas yang sudah diprint atau difotocopy. Setelah itu, gunting kalimatnya menjadi beberapa kata termasuk titik dan tanda baca lainnya dan masukkan ke dalam amplop kecil.

Lembar fotocopy

Setelah dibagi menjadi beberapa kelompok, amplop yang sudah dibagikan lebih bagus ditaruh di tengah dan anak-anak duduk melingkar. Koordinator menghitung aba-aba 1... 2... 3... lalu biarkan mereka membuka amplop dan menyusun ayatnya. Lomba atau game MENYUSUN AYAT ini idealnya dilakukan 10 sampai 15 menit.

Panduan


Keseruan yang muncul dalam game ini dari pengalaman saya : Mereka akan saling bekerja sama antar anak-anak dengan saling mengingatkan, ada juga anak yang akan mengacau. Dan mereka juga ada yang saling berdebat tentang susunan ayatnya.

Jangan lupa siapkan juga hadiahnya agar mereka tertarik, boleh makanan snack atau alat tulis. Kalau guru sekolah minggu punya dana lebih, silahkan dibikin hadiah ke-1 sampai ke-3 atau seterusnya.

Ini adalah salah satu contoh ayat yang saya pakai, jika punya ayat lainnya boleh silahkan dimodifikasi sendiri.

Semoga pengalaman yang saya bagikan menjadi berkat buat kakak-kakak sekolah minggu.
Tuhan Yesus Memberkati.